Senin, 20 Agustus 2018

Kehidupan diluar bumi

KARYA TULIS ILMIAH KEHIDUPAN DI LUAR BUMI

                                                    KEHIDUPAN DI LUAR BUMI



Kata pengantar
Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat, dan karunia-Nya Karya tulis ilmiah dalam rangka memenuhi tugas akhir mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berjudul “Kehidupan di luar Bumi” ini dapat saya selesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Selanjutnnya saya ucapkan terimakasih kepada Bu Ferawati selaku guru pembimbing. Dan tidak lupa pula pada internet yang telah memberikan ilmunya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas akhir ini.



Dengan selesainya penyusunan Makalah ini, Saya selaku penyusun senantiasa tetap menerima saran dan kritikan yang konstruktif agar KTI ini menuju kesempurnaan.

                                                                                                             
Bima, Desember 2014  


Syafira nurlita     
PENDAHULUAN


Latar Belakang
Berbicara mengenai ‘Kehidupan diluar bumi’ akan membawa kita pada kontroversi berkepanjangan yang sampai hari masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan dan juga agamawan terus berlanjut. Tidak ada kata sepakat mengenainya. Ada yang mengkaitkan mereka dengan makhluk jenis Jin, ada juga yang berpendapat bahwa mereka benar-benar ada dan berupa makhluk tersendiri terpisah dari jenis manusia dan jin, ada juga yang mengingkari keberadaannya dan menganggapnya sekedar berita bohong isapan jempol dan imajinasi belaka. Olehnya itu, hal inilah yang melatarbelakangi penyusunan makalah ini yang akan membahas satu per satu kontroversial mengenai Kehidupan di luar bumi.

PERMASALAHAN
 Rumusan Masalah
          Membaca judul dari KTI ini saja sudah terlintas di pikiran kita bagaimana kehidupan diluar bumi itu terdapat alien dan semacamnya. Teori tentang keberadaan kehidupan diluar bumi ini hanya sekedar hipotesis dari para ilmuwan, karena tidak adanya bukti yang nyata tentang keberadaan mereka. Maka, dari itulah muncul keinginan saya selaku penulis KTI ini untuk membahas itu.
Rumusan masalah dari  KTI ini adalah :        
1. Apa sebenarnya kehidupan diluar bumi itu?                                                                                  
2. Apa saja bukti-bukti tentang keberadaan kehidupan diluar bumi ?                                       
3. Apa saja jenis-jenis makhluk luar angkasa?                                                                                
4. Jelaskan teori dan penelitian tentang makhluk luarangkasa!                                                         
 5. Jelaskan pula kontoversi keberadaan makhluk luar angkasa menurut Al-Qur’an!     

      Tujuan
Ada pun tujuan KTI ini berdasarkan perumusan masalah diatas adalah :
            1. Mengetahui pengertian dari kehidupan diluar bumi.
            2. Mengetahui  bukti-bukti tentang keberadaan kehidupan diluar bumi
            3. Mengetahui jenis-jenis makhluk luar angkasa.
            4. Memahami teori dan penelitian tentang makhluk luar angkasa
            5. Memahami kontroversi keberadaan makhluk lua angkasa menurut Al-Qur’an
Selain dari tujuan diatas, KTI ini dibuat pula untuk memenuhi tugas akhir Bahasa Indonesia



PEMBAHASAN

   Pengertian kehidupan di luar bumi
            Kehidupan yang tidak berasal dari planet bumi dapat didefinisikan sebagai Kehidupan ekstraterestrial. Keberadaan kehidupan di luar planet ini masih sebatas teori dan perkiraan-perkiraan mengenai kehidupan tersebut masih terus dicetuskan. Stephen Hawking dan Carl Sagan berpendapat bahwa tidak mungkin kehidupan hanya ada di bumi saja.
Hipotesis-hipotesis mengenai asal muasal kehidupan ekstraterestrial, jika ada, adalah sebagai berikut: ada yang mengusulkan bahwa kehidupan mungkin muncul secara mandiri dari berbagai tempat di alam semesta. Hipotesis alternatif adalah panspermia, yang menyatakan bahwa kehidupan muncul dari satu lokasi, kemudian menyebar antara planet-planet berpenghuni. Kedua hipotesis ini tidak saling eksklusif. Studi dan teori dari kehidupan ekstraterestrial dikenal sebagai astrobiologieksobiologi atau xenobiologi. Bentuk-bentuk 
kehidupan ekstraterestrial berkisar dari kehidupan berskala bakteri sampai pada mahluk cerdas.
Gagasan mengenai tempat tinggal kehidupan ekstraterestrial terus berkembang, seperti di Venus dan Mars; bulan-bulan Yupiter dan Saturnus seperti EuropaEnceladus dan Titan; dan planet luar suryaseperti Gliese 581 c dan d yang dikatakan berada di zona layak huni.
Kepercayaan bahwa benda terbang aneh (BETA) berasal dari kehidupan ekstraterestrial dan klaim penculikan oleh alien dianggap palsu oleh para ilmuwan. Kebanyakan penampakan BETA merupakan pesawat buatan bumi, objek astronomik atau hanya berupa hoax, namun beberapa penampakan tidak dapat dijelaskan.

Bukti keberadaan kehidupan diluar bumi

Prasasti yang Mengindikasikan "Kehidupan diluar Bumi"
Hierogliph Mesir yang Menggambarkan Objek Terbang
Apa yang anda pikirkan ketika melihat prasasti diatas?. Tentunya anda akan langsung berfikir tentang benda terbang. Lalu apakah mungkin peradaban Mesir kuno memiliki teknologi sedemikian canggihnya dimasa itu?. Tentunya setiap orang memiliki jawaban yang berbeda-beda setelah melihat gambar diatas.Mesir adalah salah satu peradaban yang meyakini bahwa Dewa mereka berasal dari "Langit". Terlebih beberapa prasasti menggambarkan tentang kekuatan "Dewa" yang membangun Piramida Giza. Masih menjadi misteri dan masih dalam penelitian yang berkelanjutan, Giza menjadi salah satu tolak ukur utama oleh para penganut teori Astrono Kuno (Ancient Astronout).
Sarkofagus Dewa Pacal di Piramida Palenque
Sarkofagus yang Menggambarkan Dewa Pacal Mengendarai Kendaraan Terbang (Roket)
Maya kuno adalah peradaban yang meyakini Raja mereka sebagai Dewa. Gambar diatas merupakan gambar dari Raja/Dewa mereka yaitu Dewa Pacal. Dari gambar tersebut terlihat jelas ada seseorang yang seolah sedang mengendarai kendaraan terbang, tangannya memegang sebuah tombol kendali, dihidungnya menempel sebuah benda yang terlihat sepeti perangkat oksigen, dan kita bisa melihat seperti sebuah mesin yang berada tepat dibawah kabin dimana terdapat pula seperti pijar api yang terletak di bawah mesin. Teori ini bisa benar bisa pula tidak. Beberapa kalangan meyakini bahwa Dewa Pacal turun ke perut bumi hal ini mungkin dikarenakan ukiran tersebut tertera pada sarkofagus, namun berbeda dengan penganut teori Astronot Kuno (Ancient Astronout) yang menganggap Dewa Pacal Terbang ke langit, hal ini didasari atas penemuan-penemuan lain di area Piramida Palenque dimana terdapat prasasti yang berhubungan penanggalan kuno dan Matematika,   dan-perbintangan.


Kitab Suci Beberapa Agama

Penemuan-penemuan yang menunjukan kehidupa ekstra-teresttrial tidak hanya ditemukan dalam bentuk prasasti namun ada juga penemuan berupa tulisan di atas benda "non batu" yaitu didalam sebuah kertas papirus, kulit yang masih berbentuk skrip/manuskrip baik yang belum berupa canon maupun yang sudah berupa canon. Beberapa tulisan menunjukan tentang kehidupan diluar bumi yaitu diantaranya; Torah (taurat), Tehilim (Zabur/Mazmur/Psalterion), Injil, dan Al-Quran, penulis mencoba mengurutkan kitab-kitab diatas sesuai dengan masanya

Penemuan yang berasal dari Luar Bumi

Meteorit dan Mikro Organsme yang Berada di Dalamnya
Meteor yang jatuh di Sudan dan diberi nama Almahata Sitta" atau "Stasiun Enam".

Daniel Glavin dari Goddard Space Flight Center NASA, menyatakan berhasil menemukan senyawa asam amino yang artinya terdapat materi kehidupan di meteorit yang jatuh di Sudan. Hal ini mengejutkan banyak ilmuan dan semakin memperkuat teori "Kehidupan di Luar Bumi". "Meteorit ini terbentuk akibat tabrakan dua asteroid", tegas Daniel. "Tabrakan itu memanaskannya hingga lebih dari dua ribu derajat Fahrenheit. "Panas tersebut cukup untuk menghancurkan molekul organis kompleks seperti asam amino, tetapi anehnya asam amino itu tetap ada," jelasnya.


Asam amino adalah molekul pembentuk protein yang penting bagi kehidupan dan anehnya senyawa tersebut terdapat dalam sebuah asteroid yang bertabrakan dengan asteroid lainnya. "Menemukan asam amino dalam meteorit jenis ini artinya terdapat banyak cara agar asam amino bisa terbentuk di luar angkasa, hal ini meningkatkan peluang akan pencarian kehidupan di semesta," menurut Daniel. Penemuan meteorit di Sudan ini dinamai "Almahata Sitta" atau "Stasiun Enam". Penemuan ini sangat berharga karena jenis meteoer Ureilites adalah jenis langka.


Piramid di Planet Mars

Pencitraan Objek Seperti Piramida di mars
Wahana Antariksa Mars Nasa mendapati pencitraan udara dari langit mars yang berupa piramida. Banyak kalangan memperdebatkan penemuan ini, bahkan NASA sendiri menyebutkan ini hanya permainan cahaya, namun beberapa ahli pun meyakini akan kemungkinan peradaban di Mars yang mungkin masih ada atau mungkin cuman sisa dari puing-puing peradaban. Apabiila kita berbicara tentang "PERADABAN" berarti kita berbicara tentang "MANUSIA", dan apabila kita berbicara tentang "MANUSIA", berarti kita berbicara tentang "KEHIDUPAN". Mungkinkah ada/pernah ada kehudipan di Mars?. Banyak spekuliasi yang berkembang baik dari para Ilmuan, Pers, maupun masyarakan awam namun Penulis hanya akan memaparkan tanpa memberikan opini dalam kasus ini.

     Jenis-Jenis Mahluk Luar Angkasa
Adapun jenis-jenis makhluk luar angkasa, yaitu:
UFO
Benda Terbang Aneh (disingkat BETA; identik dengan makna dari istilah bahasa InggrisUnidentified Flying Object disingkat UFO) atau sering kali disebut sebagai benda terbang tak dikenal adalah istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentikasikan oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki. Istilah BETA diperkenalkan oleh Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) era 1960-an RJ Salatun untuk fenomena ini. Istilah lain yang digunakan adalah "piring terbang" (bahasa Inggris: flying saucer) dan pertama kali digunakan wartawan untuk menggambarkan benda terbang misterius yang dilihat olehKenneth Arnold, yaitu sembilan obyek terbang aneh dalam suatu formasi di atas gunung Rainier, pegunungan Cascade, Washington. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 24 Juni 1947. Sejak saat itu, istilah “Piring Terbang” memengaruhi imajinasi banyak orang.
Penggunaan istilah "UFO" sebagai penampakan fenomena misterius pertama kali disarankan pada tahun 1952 oleh Kapten Edward J. Ruppelt, pemimpin pertama Proyek Buku Biru. Penggunaan istilah "Piring Terbang" tidak mencerminkan penampakan yang berbeda-beda. Ruppelt mengatakan bahwa istilah "UFO" mesti dilafalkan seperti kata "you-foe" (kau musuh). Bagaimana pun juga, istilah tersebut biasanya dilafalkan dengan menyebut hurufnya satu persatu: "U. F. O.". Istilah asing ini dengan cepat diadaptasi oleh Angkatan Udara, yang juga langsung menggunakan istilah "UFOB" sekitar tahun 1954. Ruppelt menceritakan pengalamannya dengan Proyek Buku Biru dalam catatannya, "The Report on Unidentified Flying Objects" (laporan mengenai objek terbang tak dikenal) (1956), juga merupakan buku pertama yang menggunakan istilah UFO.
    Penampakan UFO

ALIEN
Perkiraan bahwa alien berasal dari luar angkasa sangat mungkin sekali, tapi ada beberapa keanehan atau kejanggalan bila mereka memang berasal dari luar angkasa. Keanehan itu adalah:
1. Radar kita tidak pernah mendeteksi adanya spaceship yang memasuki atmosfer bumi.
2. Bintang terdekat dengan tata surya kita adalah Alpha Centauri, yang berjarak 4,3 tahun                                                                                             cahaya. Ini berarti apa yang kita lihat hari ini adalah apa yang terjadi 4,3 tahun yang lalu. Terbang dengan kecepatan cahaya masih merupakan fiksi ilmiah.
3. Tidak ada bukti nyata bahwa mereka berasal dari planet tertentu.
4. Beberapa orang yang berhubungan (kontak) dengan alien, seringkali mendapat pelajaran tentang spiritualitas, filosofi, peringatan tentang bahaya nuklir, dan lain-lain.

Mempercayai alien berasal dari planet lain adalah jauh lebih mudah daripada meyakini bahwa mereka berasal dari dimensi lain. Namun keberadaan dimensi lain nampaknya tidak mudah diabaikan begitu saja. 
Banyak penulis cerita fiksi, baik dari jaman dulu maupun kini, menggunakan tema kehidupan di dimensi lain ini, misalnya: 

·         Sinbad, si pelaut
·
         Christmas Carol
·
         Alice in the Wonderland
·
         Legenda Nyai Loro Kidul

Namun tentu saja, semua itu masih dapat dianggap sebagai suatu cerita. Sejauh ini, beberapa eksperimen ilmiah yang menyangkut masalah dimensi lain adalah:
a. Philadelphia experiment, yaitu percobaan tentang ruang dan waktu. Untuk mengetahui sekilas tentang eksperimen ini, klik: disini (bahasa Indonesia)
b. Penelitian terhadap beberapa peristiwa paranormal, seperti NDE (Near Death Experience), OBE (Out of Body Experience) atau Astral Travelling, ESP (Extra Sensory Perception), mimpi, dll. 
Teori dan penelitian tentang makhluk luar angkasa

Banyak teori beredar mengenai asal usul BETA, salah satunya yang paling populer berpendapat bahwa mereka ini sebenarnya adalah pesawat luar angkasa dari planet lain yang mengunjungi bumi. Namun, teori ini sendiri belum didukung dengan bukti yang kuat sehingga kedudukannya masih lemah.
Salah satu sebabnya karena ilmu yang menyelidiki mengenai BETA, Ufologi, masih cenderung dianggap sebagai pseudo science (ilmu palsu) akibat sulitnya mendapatkan bukti-bukti atau data-data ilmiah yang bisa dikembangkan menjadi teori ilmiah.
Dari hasil penelitian para ilmuwan dan kalangan militer, diketahui sekitar 90% hingga 95% laporan penampakan BETA adalah kesalahan identifikasi, fenomena alam, atau tipuan yang sengaja dibuat, sedangkan 5% sisanya tetap menjadi misteri yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan modern walaupun data yang dikumpulkan cukup lengkap.
Banyak BETA yang dilaporkan sebenarnya merupakan sebuah planetbintang, atau meteor yang cemerlang. Orang-orang juga telah melaporkan pesawat terbangpeluru kendalisatelitburung, segerombolan serangga, dan balon cuaca sebagai BETA. Kondisi cuaca yang tidak biasa dapat juga menciptakan ilusi optik yang diyakini sebagai BETA.
Para penyelidik BETA dapat menjelaskan sebagian besar fenomena BETA, namun hanya sebagian kecil yang tidak diketahui.[2]
Banyak peneliti yang mencoba menanggapi fenomena BETA dan memberi penjelasan yang masuk akal. Ilmuwan Kanada menemukan hubungan antara fenomena BETA dengan gempa bumi. Menurutnya, tekanan pada batuan sebelum gempa bumi dapat menghasilkan medan listrik kuat dan cahaya aneh.
Hasil penelitian Angkatan Udara AS menyatakan bahwa fenomena penampakan BETA sebagian besar merupakan fenomena alam, termasuk penampakan meteor, gejala autokinesis, gangguan emosional, dan sebagainya.
Meskipun jawaban yang masuk akal terhadap fenomena misterius telah dilontarkan, namun peristiwa seperti jatuhnya BETA di Roswell masih merupakan misteri. Fakta dari kejadian itu ditutup-tutupi oleh pemerintah Amerika Serikat sehingga munculah "Teori Konspirasi" dan masyarakat menganggap bahwa pemerintah AS menyimpan dan mempelajari BETA yang mengalami kecelakaan di Roswell, di sebuah tempat rahasia di Nevada yang disebut Area 51.
Makhluk gaib dan Jin
Menurut Thomas E. Bullard yang menulis UFO Abduction Reports: The Supernatural Kidnap Narrative Returns in Technological Guise, kepercayaan bahwa BETA berasal dari dimensi lain sama halnya dengan kepercayaan bahwa terdapat jin dan makhluk halus di dimensi yang berbeda.[17]
Gejala psikologi
Penyelidikan tentang BETA telah memberikan penemuan berharga tentang fenomena di atmosfer dan psikologi. Dalam ilmu psikologi, penyelidikan terhadap penampakan BETA telah menyatakan informasi tentang salah penafsiran, ilusi penglihatan, halusinasi, dan kepribadian yang cenderung suka mengkhayal, yang mungkin menjadi penjelasan mengapa beberapa orang mau mempercayai pembual seperti misalnya George Adamski. Banyak yang mempertanyakan kebenaran tentang hipnotis dalam kasus penculikan oleh BETA.
Psikolog yang terkenal, Carl Gustav Jung, menyatakan bahwa BETA hanyalah isapan jempol belaka. Menurutnya, BETA adalah proyeksi dari alam bawah sadar manusia. Bentuk lingkaran BETA yang tetap adalah gambaran bawah sadar yang kuat. Carl G.
Jung menyimpulkan bahwa ketertarikan terhadap BETA adalah hal yang alamiah dan merupakan fungsi psikologis manusia yang tidak dapat dielakkan.[18]
Teori konspirasi
BETA merupakan salah satu unsur teori konspirasi pemerintah AS yang dianggap oleh masyarakat bahwa mereka menutupi keberadaan alien dan BETA, atau bahkan dikatakan bahwa pemerintah bekerja sama dengan mereka. Terdapat pula pemusnahan atau penyitaan barang bukti yang menampilkan BETA ke khalayak ramai.
Beberapa saksi mata yang melihat BETA mengatakan bahwa dirinya pernah didatangi oleh agen pemerintah, yang menyamar dan mengaku sebagai anggota FBI, atau berpakaian serba hitam, sehingga sering disebut Men in Black. Mereka datang hanya untuk meyakinkan seorang saksi BETA agar tidak mempublikasikan hasil bukti penampakan BETA yang mereka dapatkan. 

Tindakan tersebut terkesan seolah-olah menutupi segala barang bukti yang berkaitan dengan BETA.[3]

  • ·  Pada tanggal 4 Juli 1947, di Roswell, New Mexico, sebuah BETA dilaporkan jatuh. Konon di dalamnya terdapat empat alien (2 mati, 1 lari kemudian mati ditembak, 1 sekarat kemudian mati). Angkatan Udara AS kemudian mengautopsi keempat tubuh alien tersebut dan mengumpulkan serpihan-serpihan BETA yang meledak tanpa meninggalkan bekas.

Peristiwa tersebut ditutup-tutupi dan pemerintah AS mengatakan bahwa balon percobaan AS yang bernama Skyhook meledak. Pemerintah AS juga mengatakan mereka tidak memiliki serpihan BETA dan mayat alien. Pernyataan tersebut tidak membuat masyarakat umum percaya begitu saja sehingga lahirlah "teori konpirasi".
  • ·         Pada tanggal 7 Juli 1947, William Rhodes mengambil foto yang menampilkan benda asing terbang di atas Phoenix, Arizona.[19] Foto-foto tersebut kemudian muncul dalam surat kabar di Phoenix dan beberapa koran lainnya.

Menurut dokumen dari Proyek Buku Biru, agen CIC dan agen FBI mewawancarai Rhodes pada tanggal 29 Agustus dan meyakinkannya untuk menyerahkan negatif film (yang menampilkan objek asing). Agen CIC dengan sengaja menyembunyikan identitas aslinya, meninggalkan Rhodes untuk meyakinkannya bahwa kedua orang tersebut adalah agen FBI.
Rhodes mengatakan bahwa ia menginginkan negatif filmnya kembali, namun ketika ia mencari mereka ke kantor FBI di kemudian hari, ia diberitahu bahwa ia tidak akan mendapatkan barangnya kembali, walaupun Rhodes kemudian mencoba lagi namun tidak berhasil.[20][21]
  • ·         Pada tahun 1950 di Montana, Nicholas Mariana merekam gambar beberapa objek asing di udara dan menyerahkan film tersebut kepada Angkatan Udara Amerika Serikat, namun bagian terpenting dari film tersebut yang menampilkan benda aneh seperti cakram berputar, dihilangkan saat dikembalikan kepadanya.

Tipuan
  • Di antara banyaknya saksi mata yang mengaku pernah melihat BETA, beberapa di antaranya diketahui merupakan seorang pembual. Mereka membuat bualan tentang penampakan dan laporan mengenai BETA. Dan kadangkala sebelum kebohongan mereka terungkap, para pembual dan kisah mereka cukup populer.

·         Mungkin yang terkenal adalah bualan Ed Walters tahun 1987, dibuat di Gulf Breeze, Florida. Pertama Walters melihat BETA kecil di dekat rumahnya, kemudian ia melihat BETA yang sama untuk kedua kalinya dan alien kecil yang berdiri di pintu belakang rumahnya setelah anjingnya menggonggong. Beberapa gambar pesawat BETA diambil, namun tidak ada gambar makhluknya

   Kontroversi keberadaan makhluk luar angkasa menurut Al-Qur’an.
   
            Kitab suci Al-Qur'an memuat berbagai macam fenomena yang belum mampu dibuktikan oleh manusia saat ini akibat keterbatasan akal manusia. Berbagai riset ilmiah terus dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengungkap rahasia alam semesta yang kerap tertangkap mata berkeliaran di angkasa. Salah satu contoh adalah Fenomena UFO (Unidentified Flying Object).
UFO dipercaya sebagai bukti adanya makhluk hidup di planet lain. UFO yang biasanya berbentuk piring terbang ini diyakini dikendalikan oleh makhluk cerdas dari planet lain(Extraterrestrial intelligence beings). Berbagai fenomena lainnya seperti Circle Crop dicurigai sebagai jejak UFO atau makhluk asing yang pernah menginjakkan kaki di planet bumi.

Mungkinkah ada makhluk asing yang sering disebut alien itu? Bagaimana al-Qur'an menjelaskan fenomena makhluk asing itu. Alloh berfirman dalam al-Qur'an:

Artinya:
"Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya." (QS. Ash-Shuraa: 29).

Sebagian ulama menafsirkan kata Da'bah (makhluk melata) sebagai makhluk yang dibedakan dari malaikat. Karena Alloh telah menyebutkan dalam al-Qur'an:

Artinya:
"Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri."(QS. An-Nahl: 49)

Artinya:
"Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. An-Nuur: 45)

Dalam ayat lain disebutkan, Alloh telah menciptakan tujuh langit yang disebut "Samawat", kata ini berasal dari kata "Sama'" yang bisa diartikan angkasa yang terdiri dari planet-planet yang wujudnya mirip dengan bumi. Sebagian ulama meyakini, ayat ini makin memperjelas isyarat adanya wujud alam lain di luar bumi yang memiliki kehidupan seperti manusia. Mungkin saja makhluk-makhluk itu memiliki kecerdasan lebih tinggi daripada manusia. Dan mungkin saja karena kecerdasan mereka, makhluk asing itu pernah berkeliaran di bumi seperti digambarkan dalam film fiksi ilmiah.



 PENUTUP
     Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari makalah ini, yaitu:a. Kehidupan di luar bumi masih berupa teori-teori dari para ahli, karena tidak adanya bukti yang nyata mengenai kehidupan di luar bumi ini.
b. Bukti keberadaan kehidupan di luar bumi terdapat di Bumi maupun di planet lain.
c.  jenis-jenis makhluk luar angkasa yaitu UFO dan ALIEN.
d. teori dan penelitian tentang makhluk luar angkasa masih dianngap sebagai pseudo science(ilmu palsu) karena sulit untuk membuktikannya secara nyata.
e. Kontroversi keberadaan makhluk luar angkasa menurut al-Qur’an terdapat pada QS. An-Nahl: 49 , QS. Ash-Shuraa: 29 dan QS. An-Nuur: 45.

        Saran
Sebagai seorang siswa yang tentunya memiliki daya analisa yang tinggi, sebaiknya kita lebih berpikir mengenai keberadaan makhluk luar angkasa yang tentunya merupakan bahan perbincangan yang sangat membuat kita bertanya-tanya. Dengan memperhatikan materi tadi, diharapkan kepercayaan kita terhadap makhluk luar angkasa itu berasal dari segala hal yang benar-benar nyata, yang telah kita lihat langsung dengan mata kepala kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome